We are coming soon!

40%

We'll notify you when the site is live:

Maintenance Mode is a free coming soon/under construction blogger template from NewBloggerThemes.com. Maintenance Mode blogger template has jQuery countdown timer, progress bar, tabbed view section, email subscription box and twitter follow and share buttons. You can go to Edit HTML replace this with your own words. For more free blogger templates, visit NewBloggerThemes.com.
Copyright © SEMUA DI MARI | Published By Gooyaabi Templates | Powered By Blogger
Design by ThemeFuse | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com

Text Widget

Flexible Home Layout

Tabs

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Main menu section

Sub menu section

Blogger news

Follow Us

Random News

Hot in week

Page

Side Ads

Comments

Footer Ads

Connect Us

Recent

Top Ads

Cara Menyediakan Benih Bandeng Unggul Berkelanjutan Untuk Usaha Budidaya

Usaha menyediakan benih ikan bandeng secara berkelanjutan dengan mutu berkualitas baik dilakukan dengan sistem pembenihan intensif pada kolam khusus, yaitu kolam pematangan induk, pemijahan, peneneran dan pembesaran.

Cara Memilih Induk Bandeng Unggul Dengan Ciri-ciri


1. Bentuk normal, perbandingan panjang dan berat ideal
2. Ukuran kepala relatif kecil
3. Sunan sisik teratur, licin, mengkilat, tidak ada luka
4. Gerakan lincah dan normal
5. Umur antara 4 5 tahun

Benih Ikan Bandeng

Merangsang pemijahan

Kematangan gonad dapat dipercepat dengan penggunaan hormone LHRH (Letuizing Hormon Releasing Hormon) melalui suntikan.

Pemijahan

Pemijahan adalah pencampuran induk jantan dan berina yang telah matang sel sperma dan sel telurnya, agar terjadi pengeluaran (ejakulasi) kedua sel tersebut. Setelah berada di air, sel sperma akan membuahi sel telur karena sistem pembuahan ikan terjadi di luar tubuh. Pemijahan dilakukan pada kolam khusus pemijahan.

Penetasan

Telur yang mengapung di kolam pemijahan menetas setelah 24 - 26 jam dari awal pemijahan. Telur yang telah menetas akan menjadi larva dan masih mempunyai cadangan makanan dari kuning telur induk, sehingga belum perlu diberi pakan hingga umur 2 hari.

Merawat benih Bandeng

Setelah berumur 9 hari larva dipindahkan ke kolam pemeliharaan nener. Di kolam ini larva diberi pakan alami berupa plankton. Penumbuhan plankton dilakukan dengan pemupukan dan pengapuran. Pemupukan yang tepat adalah dengan pupuk TON (TAMBAK ORGANIK NUSANTARA) yang mengandung berbagai unsur mineral penting untuk pertumbuhan plankton, diantaranya N,P,K,Mg, Ca, Mg, S, Cl dan lain-lain, juga dilengkapi dengan asam humat dan vulvat yang mampu memperbaiki tekstur dan meningkatkan kesuburan tanah dasar kolam dengan dosis 5 botol TON/ha atau 25 gr (2 sendok makan)/100 m2 pada tiap pemasukan air.

Waktu peneneran 8 minggu. Pakan yang diberikan berupa tepung dengan kadar protein 30%. Untuk menambah nutrisi pakan pencampuiran pakan dengan NASA dengan dosis 2 - 5 /kg pakan sangat diperlukan, karena NASA mengandung unsur-unsur mineral penting yaitu N,P,K,Mg,Fe,Ca,S dan lain-lain, vitamin, protein dan lemak untuk meningkatkan pertumbuhan dan kesehatan nener.

Semoga membantu para usaha budidaya menyediakan benih bandeng berkeanjutan dengan mutu baik. Setelah peneneran selama 8 minggu, bandeng dipindah ke kolam pembesaran. teknis-budidaya.blogspot.com/2007/10/budidaya-bandeng.html

Related

Ikan Konsumsi 7673588099347380647